• Segmenting: sekelompok orang / konsumen yang memiliki respons/minat/values belum tentu berinteraksi satu sama lain (dibentuk).
Ø Riset pasar
Ø Listening
Ø Talking
Ø Energizing
Ø Helping
Ø Embracing
•
Targeting : memilih segmen yang akan dilayani (satu atau lebih)yang memberikan manfaat
optimum pada perusahaan.
Strategi Targeting:
Ø Kriteria memilih : ukuran pasar, pertumbuhan pasar,
persaingan, dan keungulan gaya saing.
Ø Tentukan kriteria persetujuan
Ø Relevansi (intelectual,emosional, dan spiritual)
Ø Tingkat keaktifan
Ø Potensi jaringan (seberapa luas jaringannya)
•
Positioning: menempatkan daya pesona /value apa yang diinginkan ada dalam presepsi
konsomen lebih mudah membedayakan dari orang lain (pesaing)
Strategi Positioning:
Ø Talking your color
Ø Clearing your self
Ø Clarifying your brand personal
- Product: bentuk tawaran baik tangible mapupun intangible.
Statis, satu arah, satu sumber
Produk diciptakan atas keinginan pelanggan
Prosesnya : dinamis, interaktif dan multisumber
Diciptakan bersama dengan konsumen atau bersama perusahaan lain
- Price: sejumlah nilai pengorbanan pelanggan untuk memperoleh produk yang sifatnya cenderung tetap. Bahkan proses dilakukan bersama anatar produsen dan pelanggan
Penyebabnya : faktor waktu, BBM dst
- Place
Saluran distribusi yang dapat menghantar produk dari produsen ke konsumen
Mengaktifkan komunitas lewat pemimpin dan aktivis komunitas untuk
memasarkan /mempromosikan produk.
- Promotion
Menginformasikan produk baru, perubahan harga dsb
Membujuk agar konsumen melakukan pembelian
Mendorong pelanggan melakukan brand switching dan mempertahankan brand
awareness
Proses interaksi antara dua pihak yang
kedudukannya setara berdiskusi untuk menemukan kebenaran bersama
- People
Pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan
layanan (service production).
- Process
Menciptakan customer value yang dicerminkan oleh kualitas yang tinggi, cost
lebih rendah dari deliveryyang tepat waktu .
Proses menciptakan value berkalaborasi dengan perusahaan lain secara
horizonta atas pentingan yang sama untuk memuaskan konsumen secara
maksimal-utuh tanpa catat ( toyota, dan daihatsu ,merek: avanza-xenia ,
terios-rush)
- Service
Service dominate the expendingword economy as never before, and nothing
stands stiil
Melayani orang / konsumen denan kepedulia yang tulus, sepenuh hati baik
before-during-after sales service-bukan lip service , bukan sekedar
perhatian-bukan layanan nomor bebas pulsa
Memperhatikan konsumen utuh sebagai manusia,bukan terbatas objek layanan.
Manajemen pemasaran media baru
•
Rencana
Bisnis
Memahami produk,pasar, persaingan, hambatan, biaya pemasaranpemasaran dan
pengiriman yang efektif dan kerangkan implementasi yang baik.
a. Tentukan tujuan
b. Memahami pasar
c. Produk
•
Domain
nama
Pilih domain yang mudah diingat
Daftarkan nama tersebut agar memiliki legalitas hukum
Jika menemukan bahwa domain pilihan yang telah digunakan periksa layanan
domain lainnya.
•
Desain
dan pengembangan
v Desain ditujukan untuk berkomunikais dengan pelanggan
v Kecepatan akses
v Navigasi yang logis
v Terlihat menarik
v Nuansa destinasi utama
v Grafis mewah akan mengakibatkan pelanggan tidak sabar
•
Mengelola
Konten
Pastikan informasi tetap menarik dan relevan sehingga memungkinkan
perusahaan beradaptasi untuk memenuhi tuntutan pelanggan online
Jika situs sibuk, interaksi dengan pelanggan dan pemrosesan order dapat
memakan waktu yang lama
Pastikan agar pelanggan tidak
beralih karena keterlambatan dan siapkan anggaran untuk mengembangkan situs
guna mengatasi masalah itu
•
Transaksi
elektronik
Tantangan utama bagi perusahaan mampu melakukan transaksi online untuk
kartu kredit , biasanya dilakukan dengan menggunakan rincian kartu kredit yang
diperlukan melalui web kemudian secara manual dimasukkan ke rekening merchant
lokal dalam batch sehari-hari.
•
Pemasaran
online dan ofline
Strategi online
§ Daftarkan link dengan situs kunci yang relevan dengan
target pasar yang ingin dicapai
§ Bayar untuk iklan di bagian situs web populer yang
dikunjungi oleh target pasar
§ Tempatkan situs pada mesin pencari dan situs portal
seperti yahoo, google, altavista.com dll
Strategi Offline
§ Sertakan URL (alamat web pada semua stasioner perusahaan)
§ Manfaatkan media konvensional melalui siaran pers yang
ditargetkan
§ Tempatkan iklan cetak di media yang tepat
§ Manfaat pameran dagang, agen perjalanan
•
Social
media for business
Social media marketing merupakan teknik menjadikan social media sebagai
sarana marketing atau pemasaran produk dan untuk membantu memahami berbagai
tipe social media yang populer.
Perencanaan promosi dalam media pemasaran baru:
Ø Mendiskripsikan keseluruhan tujuan rencana pemasaran
online
Ø Mendiskusikan dan menyusun perpaduan rencana promosi
offline dan online
Ø Mendiskripsikan kondisi website marketer dan renacana
ppemasaran, kekuatan dan kelemahan marketer
Ø Mendiskusikan konsisi e-market, peluang yang tersedia dan
ancaman
Ø Mengidentifikasi pelanggan online yang paling ideal dan target
pasarnya, tunjukkan profil kelompok browser yang menurut marketer akan sangat
tertarik pada produk
Ø Mediskusikan setiap penelitian yang akan dilakukan untuk
membuat rencana e-marketing seperti survei online, email, jajak pendapat atau kelompok fokus bahkan offline
Ø Membuat perencanaan yang spesifik untuk mencapai target
pasar
Ø Menentukan harga produk dan ajasa
Ø Mengembangkan rencana untuk membangun reputasi marketer
online
Strategi Media pemasaran baru
Kriteria strategi penting agar sukses:
− Kualitas web
− Kesadaran dan kedudukan search engine
− Tambahan trafic situs dari posting media sosial
− Gunakan media sosial untuk link berbasis SEO
− Sasaran pasar spesifik
− Memperbaiki pengenalan merek
− Penggunaan Multimedia
− Mengintegrasikan offline dan online advertising
Kriteria strategi penting agar sukses:
− Memperbaiki pengenalan merek
− Penggunaan Multimedia
− Mengintegrasikan offline dan online advertising
− Adaptasi pesan
− Jejaring sosial
− Kontes dan diskon
•
Membangun
koneksitas marketing
Meskipun marketer bisa membangun sebuah blog atau situs video, marketer masih bisa saja kekurangan
koneksi. Koneksi adalah inti dari media sosial
Tugas koneksitas marketing adalah bagaimana agar sebuah perusahaan dapat
terhubung dengan konsumen, menjaga janji merek yang dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen
•
Pengukuruan
Media Pemasaran baru
Kembangkan visi yang dapat menghubungkan perusahaan, karywan dan semua
pemangku kepentingan
Kembangkan pengetahuan, pastikan marketer mengambil informasi dari banyak
sumber
Membuat strategi yang dapat mendorong menghubungkan orang, rencana
pemasaran dan anggran terbaik untuk meningkatkan belanja online konsumen,
- Evaluasi dari Media Pemasaran Baru terukur dari:
− Financial, mengukur hasil bottom line dan berada pada
level menyeluruh terutama pengukuran sales, reveneu, gross margin, profit dan
marketing spend
− Customer based, mengukur kinerja pemasaran dalam
membangun aset berbasis pelanggan yang memberikan hasil finansial, terutama
yang berkaitan dengan awareness, exploration.commitment dan dissolution
− Implementasi, digunakan untuk melihat seberapa efektifkah
kinerja elemen marketing mix dlaam membangun aset berorientasi pelanggan.
- · Indikator Keberhasilan:
− Pengurangan biaya pemasaran
− Jumlah atau nilai penjualan atau langganan order yang
dipesan atau dibeli melalui web
− Marketer churn rate
− Kunjungan ke website dari link dalam email
− Rekor kampanye untuk membantu menentukan dampak promosi
dari waktu ke waktu
No comments:
Post a Comment