Thursday, October 23, 2014

New Media Marketing is....



Pemasaran Media Baru adalah  suatu usaha untuk mempromosikan sebuah brand dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Dampak Media Baru terhadap Perusahaan:
1. Meningkatkan kinerja perusahaan
Pada produk barang:
·     Meningkatkan penjualan, market share, profitabilitas dan return on investment perusahaan.
·     Mengurangi biaya (lebih efisien) dan dapat melakukan berbagai kegiatan pemasaran dalamwaktu singkat (lebih efektif).
·     Meningkatkan profil organisasi yang memungkinkan marketer untuk meraih pelanggan yang sebelumnya diluar jangkauan marketer.
   
Industri keuangan
Online perbankan menarik bagi pelanggan karena lebih cepat dan lebih nyaman daripada mengunjungi cabang bank.
Pelelangan online
Lelang via internet menjadi bisnis multi-miliar dolar,item unik yang sebelumnya hanya bisa ditemukan dipasar loak kini dijual disitus lelang internet seperti e-bay.
Industri periklanan 
Iklan online tumbuh menjadi puluhan miliaran dolar setiap tahun, dan biaya pemasaran online tidak kurang dari US $ 16.900.000.000/tahun.

2. Meningkatkan kinerja marketing 
·     Pasar, mampu meningkatkan jumlah konsumen dalam waktu singkat.
·  Hubungan, membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan (dalam tiga tahapan: awareness,exploration,dan commitmen). 
·     Kepuasan, pemenuhan kepuasan kebutuhan pelanggan dan perusahaan dari segi
    perusahaan yang menggunakan  digital marketing  dapat mencapai tujuan perusahaan.
·     Pertukaran, dalam dunia digital marketing pertukaran ini memberi dampak pada dunia
     online dan offline secara bersamaan. 
·     Informasi, meningkatkan kemampuan untuk meng-update informasi individual, tingkat
    personalisasi, informasi komunitas, jenis transmisi informasi dan pengelolaan informasi pelanggan.
·     Biaya, dapat memangkas ¾ biaya pemaran melalui internet dibanding pemasaran
    konvensional, biaya pengolahan, penyimpanan dan pemeliharaan katalog online hanya sekitar 25% dan mengurangi siklus waktu sampai 62%.
·     Saluran , dapat menyediakan saluran pemasaran yang efisien untuk iklan , bahkan dapat  melakukan distribusi barang dan jasa tertentu secara langsung.
·     Layanan, dapat menyajikan konteks lebih luas, relevan dengan line layanan, terutama
  ketika perusahaan berfungsi sebagai penyedia produk atau jasa melalui layanan internet.
 

Perkembangan Media Pemasaran Digital

·   Transaction marketing (TM) fokus utamanya adalah 4 P sebagai panduan utnuk  menarik pelanggan pada  segment tertentu. 
Misalnya: consumer banking yang hanya berfokus pada aktivitas eksternal termasuk iklan.
·        Database marketing (DM) penggunaan database untuk memilih sasaran pada segment tertentu. 
Misalnya: perusahaan consumer goods mengembangkan database pelanggan dan mengintegrasikan dengan aktivitas pemasaran eksternal.
·        Interaction marketing (IM) pengembangan interaksi personal anatara karyawan dan pelanggan individu. 
Misalnya: pelayanan profesional seperti klinik kesehatan atau kantor bantuan hukum di mana pelayanannya didasarkan pada interaksi face to face.
·        Network Marketing (NM) pengembangan hubungan antara pelangga dan perusahaan melalui jaringan. Misalnya untuk menigkatkan pelayanannya, pabrik otomotif membangun sebuah hubungan bisnis dengan perusahaan yang bergerak  di jasa keuangan.
·        E-marketing merupakan praktik pemasaran yang menggunakan teknologi interaktif untuk menciptakan dialog anatar perusahaan dengan pelanggan yang teridentifikasi.
 
Jenis –jenis media  baru
1.  E-commerce
Model bisnis dalam penjualan produk dengan tiga kemungkinan yaitu:
B2C (produk dijual langsung ke konsumen),
B2B (perusahaan menjual produk ke perusahaan lain),
C2C (konsumen menjual produk ke konsumen lain).

2.  Lead based website
Strategi dimana organisasi menghasilkan nilai dari lead penjualan via website, mirip dengan walk in customer di dunia ritel. Model ini sering disebut organic leads.

3.  Affiliate marketing
Sebuah proses dimana produk yang dikembangkan oleh satu entitas untuk dijual oleh penjual aktif lainnya dengan berbagi keuntungan.

4.  Display advertising
Tampilan iklan melibatkan penggunaan iklan banner yang ditempatkan di website pihak ketiga  untuk mengarahkan lalulintas ke website perusahaan itu sendiri meningkatkan kesadaran produk.

5.  E-mail marketing
Perusahaan yang menggunakan e-mail mengirimi promosi secara langsung kepada konsumen.

6.  Interactive advertisting
Iklan interaktif melibatkan penggunaan animasi dan teknik grafis lainnya untuk membuat iklan yang melibatkan audiens dan mengundang partisipasi.

7.  Search engine marketing
Serangkaian taktik online , bisa meningkatkan visibilitas konten website untuk meneliti, menyampaikan pesan  dan positioning sebuah website di mesin pencari untuk mnedapatkan exposure maksimum dari website, menarik pelanggan, menghasilkan kesadaran merk, membangun kepercayaan pelanggan, dan fungsi lain yang akan meningkatkan eksposure dan lalulintas ke website perusahaan.

8.  Viral Marketing
Teknik yang mendorong pelanggan untuk menyampaikan informasi interaktif tentang produk kepada orang lain secara berantai.


9.  Local Internet Marketing
Strategi dimana sebuah perusahaan kecil menggunakan internet untuk menemukan dan memlihara hubungan yang menguntungkan.

Keunggulan New Media Marketing
Perusahaan dapat memperoleh hasil maksimal dari penggunaan digital marketing dengan menerapkan:
      Reciprocity
      Commitment
      Consistency
      Social proof or concensus
      Authority
      Liking
      Scarcity
Sejumlah keunggulan digital marketing :
1.     Biaya rendah
2.     Lebih beda
3.     Interaksi intensif
4.     Customer partnership
5.     Pengukuran statistik



Keterbatasan New Media Marketing
1.Masalah utama dalam networking :
      Apakah mass social networking lebih tepat dimanfaatkan pada saat pembuatan produk atau pemasaran produk.
      Jika pada pemasaran produksi, kapan tepatnya memaksimalkan social networking ?
      Bagaimana strategi untuk memaksimalkan media social neteworking untuk pemasaran produk ?
      Social networking mana yang paling tepat untuk dimanfaatkan pada pemasaran produk atau pemasaran jasa ?

2. Ketidakmampuan pembeli menyentuh, mencium ,mencicicp,dan mencoba barang nyanta sebelum melakukan pembelian online dapat mengurangi kepercayaan terhadap produk, membatasi niat standar.
3. Keamanan privasi, masalah informasi sangat penting, baik bagi produsen maupun konsumen yang berpartisipasi  dalam bisnis online.
4. Kepastian, e-commeerce harus memberi perhatian penuh pada apakah konsumen sudah menerima apa yang mereka beli atau belum.
Perilaku konsumen pada era New Marketing Media
Perbedaan:
Teknologi seperti e-mail adalah sesuatu yang menyebabkan kurangnya  isyarat sosial dan kekurangan  komunikasi. Pesan yang di cetak tidak sama dengan panggilan telepon dan pertemuan tatap muka. Hal ini membawa perbedaan yang penting dalam tipe komunikasi dan interaksi yang terjadi dengan metode komunikasi yang terbatas. Hasilnya berupa perilaku yang tidak tepat.
Persamaan:
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Reeves dan Nash bahwa banyak keadaan sosial di mana pengguna memperlakukan mesin dan perangkat lunak seperti  orang. Diantara contoh mereka adalah kesopanan, kepribadian, jenis kelamin dan kesetiaan media.


Isyarat-isyarat Sosial
    Satu daerah paling penting dari kehidupan di mana perilaku online secara sistematis berbeda dari kehidupan nyata berada dalam grup elektronik dinamis, khususnya dengan surat elektronik.
    Bentuk pertemuan juga mempengaruhi kesimpulan grup. Online mengurangi pengaruh anggota yang berstatus tinggi dalam keputusan akhir

Perilaku konsumen pada era New Media Marketing
       Kesulitan Kognitif
      Salah satu tantangan penyediaan informasi online  adalah membuatnya dapat diakses pengguna. Menemukan informasi yang tepat dengan mudah sulit dilakukan. Konsumen menjadi frustasi dam marah ketika mereka tidak mampu berhubungan je halaman yang dan dokumen yang tepat, khususnya bila mereka diyakinkan bahwa jaringan itu ada tetapu tidak dapat dicari. Hal ini dapat memperlemah banyak tujuan dari isi online.

No comments:

Post a Comment